Friday, January 27, 2006

Apalah Artinya Sebuah Nama


Itu yang pernah dikatakan Shakespeare long, long ago. Tapi buat gw, nama adalah doa. Nama yang diberikan orang tua adalah doa mereka untuk anak-anaknya. Karena menurut junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, salah satu kewajiban orang tua adalah memberikan nama yang indah untuk anaknya.

Anak gw yang pertama lahir hari Selasa, 23 September 1997, pukul 22.15. Baru memasuki hari ketujuhlah, kami merasa mantap dengan nama yang diberikan untuknya. Haikal Muhammad Diffa. Haikal, artinya pokok yang rimbun, maksudnya semoga kelak dia dapat menjadi tempat berlindung untuk adiknya atau keluarganya. Muhammad adalah nama yang diberikan oleh abushi-nya, semoga akhlaknya meneladani akhlak Rasulullah. Diffa artinya pertahanan diri yang kuat. Mudah-mudahan Diffa menjadi pribadi yang mampu menahan segala godaan, cobaan, serta tegar dalam menjalankan tugasnya sebagai khalifah di muka bumi-Nya.




Empat setengah tahun kemudian, lahirlah Najya, tepatnya pada hari Kamis, 7 Februari 2002, pukul 18.50. Haifa Najya Zaffara, itu nama yang sudah dipersiapkan ketika melalui USG kami tahu bahwa we’re having a daughter. Haifa artinya cantik, indah. Najya artinya kind, sedangkan Zaffara artinya bijaksana. Semoga ia menjadi perempuan yang indah lahir dan batinnya, baik, lembut hatinya, welas asih, dan bijaksana dalam menjalani kehidupannya.





Dan setiap kali menyebut nama mereka, saat itu juga (disadari atau tidak) gw sedang mendoakan mereka. I will always, Insya Allah, pray for them. They're the most beautiful gifts in my life. They're the lights of my soul.


What else is reaching for heaven but a prayer?
There are prayers in their names.


Diffa, Najya,
Bunda loves you.

1 comment:

adnein said...

Diffa, Najya,
Biney loves you too.. :)